ipa smp

ipa smp

Tuesday, 9 March 2010

PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA SMP

Materi Pertemuan MGMP IPA Tanggamus

Tenaga yang bertanggung jawab secara langsung dalam pengelolaan laboratorium IPA SMP adalah:

* Kepala sekolah
* Kepala Lab/Koordinator lab
* Pengelola Lab (Semua Guru IPA + laboran)

Deskripsi tugas kepala sekolah:

1. Memberi tugas kepada Kepala Lab./koordinator laboratorium untuk mengoptimalkan fungsi laboratorium IPA.
2. Memberikan bimbingan, pengarahan, monitoring dan evaluasi kepada tenaga -tenaga yang bertugas dilboratorium.
3. Memberi motifasi pada guru -guru IPA untuk memanfaatkan sarana laboratorium dalam kegiatan belajar mengajar IPA.
4. Menyediakan dana untuk keperluan operasional laboratorium IPA.

Deskripsi tugas Kepala/Koordinator laboratorium:

1. Bertanggung jawab atas kelengkapan administrasi laboratorium IPA.
2. Bertanggung jawab atas kelancaran penggunaan laboratorium IPA.
3. Mengusulkan kepada kepala sekolah tentang pengadaan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Deskripsi tugas Pengelola Laboratorium(Guru +laboran)
Bagi sekolah yang tadak memiliki Tenaga Laboran maka pekerjaan laboran harus dikerjakan oleh guru

1. Mengerjakan admistrasi laboratorium.
2. Mempersiapkan dan menyimpan kembali alat dan bahan yang digunakan dalam KBM IPA.
3. Bertanggung jawab atas kebersihan ruangan dan alat laboratorium.
4. Memperbaiki alat-alat yang rusak atau tidak berfungsi.
5. Membuat LKS (guru)

Kelengkapan administrasi laboratorium IPA SMP Yang harus ada:
A. BUKU INVENTARIS ALAT DAN BAHAN
yang terdiri dari 9 kolom:

1. Kode
2. Ukuran
3. Nama alat atau bahan
4. Merk atau Type
5. Produksen
6. Asal dan Tahun
7. Tahun penggunaan
8. Jumlah
9. Keterangan Baik atau Rusak

*B. KARTU STOK
tiap alat berbeda dan diberi warna yang berbeda sesuai kelompok mata pelajarannya biologi warna hijau, fisika warna biru, alat visual putih, bahan kimia kuning. Pada masing - masing kartu tertera:

1. Huruf dilingkari sesuai huruf depan nama alat.
2. Nama alat diisi sesuai nama alat atau bahan.
3. Spesifikasi diisi sesuai spesifikasi alat dan kemampuannya.
4. Kode diisi kode baru atau kode lama.
5. Keadaan diisi jumlah banyaknya dan kondisinya baik atau rusak.
6. No Inventaris diisi sesuai dengan buku inventaris.

C. DAFTAR ALAT DAN BAHAN
sesuai LKS terdiri dari nama alat dan bahan yang digunakan setiap LKS serta jumlah yang tersedia setiap tahun melipui:

1. No
2. Klas/Semester
3. Kode/Topik LKS
4. Nama alat dan Bahan
5. Jumlah yang diperlukan
6. Jumlah yang tersedia
7. Keterangan

D. LABEL
ditempelkan pada pada tempat penyimpanan alat atau bahan (Rak, Almari, Laci) gunanya untuk membantu mempercepat pengambilan alat dan bahan, yang meliputi:

1. No urut
2. Kode lama dan baru
3. Nama alat
4. Jumlah
5. Keterangan

E. FORMAT PERMINTAAN ALAT
format ini diisi oleh guru dan diserahkan kepada laboran sebelum melakuakan kegiatan minimal 1 hari sebelum kegiatan. sebagai berikut:

1. Nama guru
2. Judul percobaan
3. Jenis alat dan bahan
4. Jenis kegiatan (pratikum/demonstrasi)
5. Jumlah kelompok
6. Hari dan tanggal penggunaan
7. Jam pelajaran ke... (pagi/siang)
Bagaiman yang tidak ada tenga Laboran nya???

F. PROGRAM SEMESTER KEGIATAN LABORATORIUM
Ini dibuat oleh guru IPA pada awal semester untuk menentukan kapan kegiatan laboratorium selama 1 semester yang terdiri dari:

1. No
2. Kelas/Semester
3. Tanggal/Bulan
4. Materi
5. Alat dan bahan yang digunakan
6. perincian biaya
7. Keterangan

G. JURNAL KEGIATAN LABORATORIUM
diisi oleh guru untuk mengetahui kejadian - kejadian selama berlangsungnya kegiatan laboratorium, misal keadaan alat dan bahan yang rusak , percobaan yang tidak berhasil sehingga dapat dipakai sebagai dasar tindak lanjut penyelesaian masalah tersebut. Yang meliputi:

1. No
2. Hari/Tanggal
3. Jdul LKS
4. Kelas
5. Jam
6. Jumlah Alat dan Bahan
7. Pelaksanaan (Eksperimen/Demonstrasi)
8. Kejadian/Keterangan
9. Tanda tangan/nama guru

H. JADUAL KEGIATAN LABORATORIUM
karena kegiatan laboratorium tidak terpisah dalam kegiatan KBM IPA disekolah, maka jadual kegiatan laboratorium menyesuaikan jadual pelajaran.Jika terjadi persamaan waktu antara guru yang satu dengan yang lain maka penyelelaiannya adalah dengan kesepakatan ,minggu pertama guru A, minggu ke dua guru B, minggu ke tiga guru C, minggu empat cadangan. Atau kegiatan dilakukan diluar ruang laboratorium jika alat dan bahan mencukupi.

1 comment:

  1. Semoga IPA semakin mudah dipahami oleh siswa, cayo!!

    ReplyDelete